pemampatan atau kompresi…?????

Assalamualaikum….,

Lama pula, Uni tidak mempost kan beberapa materi yang Uni dapat. Tapi,, don’t worry.., kali ini Uni akan sering-sering share tentang segala sesuatu(materi kuliah, riset, dan cerita unik lain nya). Nah, untuk kali ini Uni akan sedikit mengulas salah satu materi kuliah yang Uni dapat, salah satunya ialah KOMPRESI(PEMAMPATAN). Kira-kira apa ya kompresi itu, apa pula yang ada dan terjadi pada proses kompresi. Untuk lebih jelasnya.., yuk kita belajar bareng yach… ^_^

Kompresi atau dalam kata lain pemampatan ialah proses perubahan ukuran(kecil) dari suatu file tanpa harus mengubah isi aslinya dengan tujuan untuk memperbesar kapasitas ruang penyimpanan. Adapun tujuan dari dilakukan nya kompresi pada suatu file, tidak lain adalah untuk membantu  dalam transmisi dan komunikasi data yang ada. Selain itu dengan adanya kompresi data, maka waktu yang dibutuhkan dalam proses komunikasi data juga lebih singkat dikarenakan ukuran data hasil kompresi akan lebih kecil dari ukuran aslinya.

Sedangkan untuk tingkat keberhasilan pengkompresian data itu sendiri, tergantung pada besarnya data dan tipe data yang memungkinkan untuk dikompesi. Biasanya beberapa komponen-komponen di dalam data yang sifatnya lebih umum dari yang lainnya, banyak dipakai pada  algoritma kompresi data yang memanfaatkan sifat ini. Hal ini dinamakan redudancy. Makin besar redudancydi dalam data makin tinggi pula tingkat keberhasilan kompresi data.

Dalam proses kompresi data, terdapat konsep umum probabilitas yang menunjukkan suatu ukuran berapa banyak informasi yang terdapat dalam suatu rangkaian data atau yang disebut dengan  entropy (E) yang dapat direpresentasikan secara matematis.

Untuk selajutnya…, teman-teman bisa download hasil resume Uni selama perkuliahan untuk materi Kompresi…

ni dia…, download

Tinggalkan komentar